10 Tips pemasaran dengan facebook untuk bisnis skala kecil

10 Tips pemasaran dengan facebook untuk bisnis skala kecil
Studi baru menemukan bahwa beberapa pemilik usaha kecil salah berfikir bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu, uang atau sumber daya lain untuk berinvestasi menggunakan facebook. sebenarnya promosi menggunakan facebook tidak memerlukan banyak anggaran jika dan banyak waktu jika dikerjakan dengan benar.

Berikut adalah 10 cara promosi bisnis lewat facebook untuk usaha kecil untuk memaksimalkan bisnis anda dengan sumber daya yang minimal.




1. Tetap kan tujuan yang realistis . jangan berharap untuk mendapatkan ribuan penggemar dalam bulan pertama anda, tetapi berpikirlah realistis dengan puluhan atau ratusan dulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untuk pencapaian yang besar di masa mendatang. Apabila kemudian anda mendapatkan hasil diluar ekpetasi anda, syukurilah,  anda berarti sudah di jalur yang tepat.

2. Luangkan sedikit waktu anda . Cobalah luangkan sedikit waktu anda, paling tidak satu jam per hari untuk update posting difacebook tentang bisinis anda dan berkomunikasi langsung dengan penggemar dan pelanggan anda.

3. Pelajari sebanyak yang anda bisa . Ambil catatan berdasarkan pengalaman anda dengan halaman facebook dan layanan bisnis lainya, setidaknya tulislah pertanyaan tentang hal-hal yang tidak anda mengerti sehingga anda dapat membuat catatan untuk anda lihat nanti. Anda dapat mencari banyak informasi yang bisa anda search di google atau juga bisa bertanya pada yang sudah paham tentang facebook marketing.

4. Mulailah dengan anggaran kecil . Anda dapat mulai melakukan iklan tes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan untuk iklan nya, efektif atau tidak, dan kemudian anda dapat meningkatkanya ketika anda mengetahui mana demografi dan kata kunci yang ingin anda targetkan dan  dapat menghasilkan return of invesment ( ROI ) yamg bagus.

5. Buat halaman fanspage bukan profil .Jangan membuat profil baru untuk bisnis anda, karena itu menyalahi aturan,jadi buatlah halaman fanspage untuk bisnis anda. Setelah anda buat halaman fanspage, undan lah semua teman-teman anda, agar menjadi fans pertama halaman facebook anda.

6. Update status dengan yang keren-keren . Update la status fanspage dengan status yang keren dan cerdas yang bisa mendorong teman anda untuk terlibat aktif dengan halaman bisnis anda. Hal ini akan membuat status facebook anda banyak yg nge-like .

7. Sapa fans anda . Kirim ucapan  terimakasih tepat setelah seorang mengklik " like " pada halaman anda, dan usahakan menanggapi pesan pada postingan di dinding palilng lama 24jam . Perhatikan baik-baik apa yang dilontarkan atau yang disarankan fans halaman facebook anda, dari sana anda akan membuat fanspage lebih aktif dan berkembang.

8. Jagan spam . Orang - orang telah cukup banyak menerima banyak spam di email atau inbox mereka, dan pastinya akan sangat terganggu jika anda ikut-ikutan mengirimkan pesan ke inbox/email mereka . Jika ada sesuatu yang ingin anda sampaikan cukup tulis distatus anda.

9. Promo kupon diskon . Berikan lah  kupon diskon untuk menarik peminat pembeli anda, agar mereka berminat membelinya/berlangganan ditempat anda. Lakukan secara berkala agar pelanggan yang sudah ada tetap loyal dengan bisnis anda.

10. Tawarkan membership . tawarkan membership atau keanggotaan dengan berbagai macam tawaran menarik jika menjadi anggota dan belangganan ditempat anda, yang tidak bisa didapatkan jika hanya membeli putus, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis anda menjadi lebih besar.

Apa pendapat anda tentang 10 Tips pemasaran dengan facebook untuk usaha skala kecil yang disajikan disini?jika anda punya saran tambahan untuk promosi bisnis usaha kecil difacebook . silahkan berbagi dikomentar.

No comments:

Post a Comment