5 CARA MEMAKAI JILBAB DENGAN BENAR


Cara memakai jilbab dengan benar. 
Jilbab biasanya hanya di identikan dengan penutup kepala saja , padahal aurat wanita yang  boleh tampak di muka publik hanyalah telapak tangan dan muka saja ( hadis ). Jadi jilbab itu bukan hanya sebatas kerudung yang menutupi bagian kepala dan rambut saja. Dan yang pasti jilbab itu adalah identitas seorang muslimah. 
Dimana dengan menerapkan cara memakai jilbab dengan benar maka dia akan mudah dikenali kemuslimahhanya dan tidak akan diganggu.

Menurut keterangan diatas yang hanya memperbolehkan telapak tangan dan muka saja yang tampak dimuka publik maka jilbab yang baik adalah, jilbab yang sesuai dengan tuntunan islam. Bukan hnaya memakainya sesuai dengan mode atau trend yang berlaku dimasyarakat. terus apa syarat-syarat cara memakai jilbab yang benar? Nah, ini dia 5 syarat cara memakai jilbab yang benar : 
               
               1.  Menutupi aurat
Jilbab yang wajib dipakai untuk muslimah itu sendiri bukanlah jenis jilbab atau kerudung gaul jaman sekarang yang sering kita lihat sekarang-sekarang ini. Kerudung yang digunakan harus lah syar'i dan sesuai apa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasull nya, baik itu didalam Alqur'an ataupun hadist. Itulah cara memakai jilbab yang benar dan mengikuti tuntunan islam. Mungkin sebagian wanita memakai jilbab hanya ikut trend agar kelihatan menarik dan tidak ketinggalan saja, tapi cara memakai jilbab mereka kurang benar menurut islam. Tidak masalah dengan  itu, tapi hal ini harus segera diluruskan niat dan cara memakai jilbab nya harus dibenarkan menurut syariat islam.



Apa hukumnya mengenakan jilbab? Hukukmnya adalah wajib, sesuai dengan ayat : 
" Katakanlah kepada wanita yang beriman : " Hendaklah mereka menahan pandangan nya, dan kemaluanya, dan janganalah mereka menampakan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan jangan lah menampakan perhiasan kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka , atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau putera saudara laki-laki mereka,atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita wanita islam, atau budak budak yang mereka miliki, atau pelayan pelayan laki laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita )atau anak anak yang belum mengerti tentang aurat wanita..
( An-Nur : 31 )

Dan juga ayat ini : 

Artinya : "Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu,anak-anak perempuanmu, dan istri-istri kaum mukmin : " Hendak lah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. " Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal , karena itu mereka tidak diganggu . Dan Allah adalah maha pengampun dan maha penyayang ". (Al-Ahzab:59)

itu adalah hal yang perlu diperhatikan dalam memakai jilbab dengan benar. semoga bermanfaat ...



No comments:

Post a Comment